Kamis, 01 Desember 2011

TUGAS ILMU NEGARA 2

ILMU NEGARA

2. Menurut Aristoteles ada tiga bentuk negara yang merupakan bentuk negara yang ideal beserta bentuk pemerosotannya. Jelaskan dalam bentuk skema!
Jawab:








Penjelasan:
 Monarchy adalah pemerintahan yang dipimpin oleh seorang pemimpin untuk kepentingan seluruh rakyat. Namun terjadi kemerosotan menjadi Tyrani/Dictatuur apabila orang yang memerintah kemudian melaksanakan pemerintahan untuk kepentingannya sendiri. Dari bentuk pemerintahan Diktatuur ingin kembali ke bentuk negara ideal maka timbul bentuk negara Aristokrasi dimana pemerintahan dipegang oleh sekelompok orang misalnya para ahli filsafat dan cendekiawan untuk melaksanakan kepantingan rakyat. Namun pada saat sekelompok orang ini melaksanakan pemerintahan untuk kepentingan kelompoknya sendiri maka pemerintahan Aristokrasi merosot ke bentu pemerintahan Oligarchie. Dalam hal ini apabila pemerintahan dilaksanakan untuk kepentingan orang-orang kaya maka pemerosotan menjadi bentuk negara Plutokrasi. Selanjutnya orang ingin kembali membentuk pemerintahan yang ideal dengan membentuk negara Politea yaitu pemerintahan oleh seluruh orang untuk kepentingan seluruh rakyat. Apabila pemerintahan dilaksanakan oleh orang-orang yang sama sekali tidak tahu masalah pemerintahan, maka bentuk politeia akan merosot menjadi demokrasi.

3. Jelaskan pula teori revolusi bentuk negara dari Aristoteles, dan bagaimana pendapat Polybios mengenai hal ini?
Jawab: Aristoteles membahas teori bentuk negara secara traditional. Ia mengemukakan teori kuantitas yaitu bentuk negara berdasar pada jumlah orang yang memerintah dan merupakan bentuk yang ideal. Dalam hal ini menurut Aristoteles ada 3 (tiga) bentuk negara ideal yaitu Monarchy (pemerintahan yang dipimpin oleh seorang pemimpin untuk kepentingan seluruh rakyat), Aristokrasi (pemerintahan dipegang oleh sekelompok orang misalnya para ahli filsafat dan cendekiawan untuk melaksanakan kepantingan rakyat), Polyteia(pemerintahan oleh seluruh orang untuk kepentingan seluruh rakyat). Selain itu Aristoteles juga mengemukakan teori kualitas yang merupakan pemerosotan bentuk negara ditinjau dari sudut kualitas orang yang memerintah. Ada tiga bentuk kemerosotan negara yaitu Tyrani/dictatuur yang merupakan pemerosotan dari Monarchi(orang yang memerintah kemudian melaksanakan pemerintahan untuk kepentingannya sendiri), Olygarchi yang merupakan pemerosotan dari Aristokrasi (sekelompok orang melaksanakan pemerintahan untuk kepentingan kelompoknya sendiri) dan pemerosotan dari Polyteia yaitu Demokrasi (pemerintahan dilaksanakan oleh orang-orang yang sama sekali tidak tahu masalah pemerintahan). Teori ini banyak dianut para sarjana pada masa itu, salah satunya adalah Polybios. Hanya menurut Polybios bentuk negara ideal yang ketiga bukan Polyteia tetapi demokrasi dan bentuk pemerosotannya adalah Ochlocracy/Mobocracy atau bahkan menjadi lebih buruk yaitu Anarkhi, yaitu suatu kondisi dimana tidak ada pemerintahan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar