Kamis, 01 Desember 2011

TUGAS ILMU NEGARA 4

ILMU NEGARA

BAB 11 FUNGSI NEGARA
  1. Pembentuakn lima departemen di negara Perancis pada abad XVI belum menunjukkan fungsi negara yang sebenarnya. Jelaskan apa maksudnya!
Jawab: Pembentukan lima departeman itu belum menunjukkan fungsi negara karena dibentuk hanya untuk memenuhi kebutuhan pihak penguasa. Dalam praktek kelima fungsi tersebut seluruhnya nerada dalam kekuasaan Raja. Kondisi ini tentu saja menimbulkan sikap sewenang-wenang, tidak adanya jaminan kepentingan rakyat. Gambaran ini dapat kita lihat dari adanya semboyan terkenal di negara prancis yaitu L’etat Cest Moi yang berarti negara adalah saya. Tentu saja hal ini menimbulkan kakuasaan absolut pada raja yang berlangsung hingga abad XVIII.
  1. Jelaskan cara melaksanakan funsi negara menurut teori dari Rudolf Smend!
Jawab: Rudolf smend menyatakan bahwa fungsi negara adalah mempersatukan rakyat dengan memanfaatkan faktor-faktor integrasi. Ada tiga macam faktor integrasi yaitu:
    1. Orang, sebagai faktoratau lambang pemersatu, misalnya Presiden atau Raja.
    2. Benda, misalnya bendera, bahasa, dan lagu kebangsaan.
    3. Fungsional, yang merupakan kegiatan kenegaraan. Misalnya dalam kegiatan pemilihan umum, maka seluruh rakyat bersatu mengikuti kegiatan tersebut.

BAB 12 IKHTISAR ALAT PERLENGKAPAN NEGARA
  1. Jelaskan secara rinci alat perlengkapan negara yang pertama kali dikenal dalam sejarah kenegaraan!
Jawab: dalm sejarah kenegaraan pertama kali dikenal alat perlengkapan negara pada abad ke 16 di negara Perancis. Organisasi negara dibagi dalam lima departemen yaitu Departemen Diplomacy, Departemen Defencie, Departemen Financie,Departemen Yusticie,  Departemen Policie.
Tugas dari departemen diplomacie adalah mengatur kegiatan raja dalam hubungannya dengan para raja dari kerajaan-kerajaan lain. Apabial tugas dalam diplomasi dianggap gagal barulah muncul tugas untuk mempertahankan negara(defencie). Tentu saja dalam melaksanakan kegiatan pertahanan negara diperlukan dana yang banyak maka dibentuklah lembaga keuangan negara (financie). Dalam hal terdapat orang-orang yang memberontak atau menentang kebijaksaan raja. Maka perlu dibentuk lembaga peradilan untuk mengadili mereka(yusticie). Sedangkan tugas dari departemen policie adalah mengatur masalah urusan dalam negeri baik yang bersifat positif maupun negatif.
  1. Dalam teori kenegaraan kiota mengenal teori Goodnow yang membagi organisasi negara dalam dua macam fungsi. Jelaskan apa maksudnya, dan bagaimana apabial teori Goodnow tersebut dihubungkan dengan teori Rowse!
Jawab: Goodnow menyatakan bahwa organisasi negara mempunyai dua fungsi yaitu fungsi menetapkan tujuan/haluan negara (policy making) yang menjadi tugas dari para policy makers. Fungsi yang kedua adalah menetapkan cara-cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (policy executing) yang menjadi tugas dari policy executers. Dalam hal ini policy makers merupakn jabatan politis, sedangkan policy executers merupakan jabatan berdasar keahlian. Apabial dihubungkan dengan teori dari Rowse juga menimbulkan dua jabatan dalam negara, yaitu Political Framework (jabatan politik) dan Administrative Framework (jabatan administratif).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar